Thursday, September 22, 2016

Bahasa Pemrograman C++

1 comment
BAHASA C++

  • Sejarah Singkat Bahasa C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup pada awal 1980-an, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

  • Perbedaan Antara Bahasa C Dan C++
Meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama, tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian atas suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil. Selain itu C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat object oriented programming (OOP). Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan mendefinisikan class-class yang merupakan a.-class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari objek-objek fisik. Class tersebut berisi keadaan objek, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objeknya. Setelah beberapa class dibuat, masalah dipecahkan menggunakan class.

  • Contoh Bahasa C++ Sederhana Yang Menampilkan Tulisan Di Program

contoh source code bahasa C++ sederhana

hasil dari source code C++ yang tadi dibuat

Penjelasan
#include <iostream.h>
Sebagai bagian dari proses kompilator, Kompilator dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Preprosesor memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari sumber, Pada bagian #include memberitahukan preprosesor untuk menyertakan kode dari iostream, Berkas iostream berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat lunak, atau class-class yang dibutuhkan. 
int main ()
Pernyataan ini mendeklarasikan fungsi utama, bahwa suatu program C++ dapat berisi banyak fungsi, yang harus selalu memiliki sebuah fungsi utama (main function), Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Kata Void menandakan fungsi main tidak bertipe. 
{
Kurung kurawal buka menandakan awal program. 
cout << "Andrian Muljadi" <<endl;
Cout adalah sebuah object dari Pustaka perangkat lunak standart C++ yang digunakan untuk mencetak string ke piranti output standart, yang biasanya adalah layar komputer, Compiler menghubungkan kode dari pustaka perangkat lunak standar itu dengan kode yang telah ditulis untuk mendapatkan hasil executable.
Endl
Endl merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menyisipkan karakter new line atau mengatur pindah baris. Fungsi ini sangat berguna untuk piranti keluaran berupa fule di disk. File header yang harus disertakan adalah iostream.h
return 0;
Menyatakan hasil keluaran dari fungsi main() adalah 0. Pada C++, return 0 dalam main() menyatakan bahwa program berakhir dengan normal.
}
Kurung kurawal tutup menandakan akhir program. 

  • Di Dalam Bahasa C++ Terdapat Perintah Masukan (Input) Dan Perintah Keluaran (Output) 

Perintah Keluaran
Perintah standar output antara lain :
printf()
puts()
putchar()
cout()

Pembahasan :
  • printf()
Fungsi printf() merupakan fungsi keluaran yang paling umum digunakan untuk menampilkan informasi kelayar.
  • puts()
Perintah puts() sebenarnya sama dengan printf(), yaitu digunakan untuk mencetak string ke layar. puts() berasal dari kata PUT STRING.
  • putchar()
Perintah putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah karakter ke layar.Penampilan karakter tidak diakhiri dengan pindah baris.
  • cout()
Penjelasan Fungsi cout() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk menampilkan suatu data kelayar. Untuk menggunakan fungsi cout() ini, harus menyertakan file header iostream.h .

Perintah Masukan
Perintah standar input antara lain :
scanf()
gets()
cin()
getch()
getche()

Pembahasan :
  • scanf()
Fungsi scanf() digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data.
Bentuk Umum dari fungsi ini adalah :
  • gets()
Fungsi gets() digunakan untuk memasukkan data string.
cin() Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin() ini, harus menyertakan file headeriostream.h . 
  • getch ()
Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.
  • getche ()
Fungsi getche() dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.

  • Tipe Data Dasar Pemrograman C++
Bahasa C menyediakan programmer dengan satu set tipe data untuk programmer menyimpan informasi dan membangun tipe data yang bukan merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Tipe data yang pertama kali disebut tipe built-in, dan selanjutnya disebut dengan tipe user-defined atau tipe data yang telah ditetapkan.

• Tiga dasar built-in tipe ini adalah:
- Character (char) seperti a,b,c,d (alphabet)
- Integer (Int) seperti 1,2,3,4 (Bilangan Bulat)
- Floating Point Number (float) seperti 20,12 (Bilangan real)

1. Identifier (Pengenal)
Identifier adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi.
Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam pascal, antara lain:
• Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf, contoh: (2x , 55) <------ salah.
(X2, XX, Var1) <----- benar.
• Tidak boleh ada spasi.
• Tidak boleh menggunakan karakter-karakter ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
• Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++

2. Tipe Data
Berikut ini tipe data yang ada dalam C
• Tipe data bilangan bulat:
Adalah tipe data yang tidak mempunyai titik decimal dan tidak diperbolehkan menggunakan karakter koma antara dua bilangan.

• Tipe data bilangan real:
Tipe data bilangan real adalah bilangan yang mengandung titik decimal sehingga tipe data ini digunakan untuk menyatakan suatu bilangan pecahan/decimal

• Tipe data unsigned
Tipe data unsigned mirip dengan yang bukan unsigned. Bedanya adalah tipe data unsigned tidak mengenal nilai bilangan negatif (nilainya selalu posisif).

• Tipe data unsigned:
- unsigned char
- unsigned int (integer)
- unsigned short (short integer)
- unsigned long (long integer)

1 comment :