Friday, April 3, 2015

Tutorial Installasi Windows Server 2008

No comments
Windows Server 2008 
 
Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tanggal 15 Mei 2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dari Windows Server "Longhorn".

Tutorial Installasi Windows Server 2008 :
1. Pertama-tama akan muncul kotak untuk pemilihan bahasa saat penginstallan, pilih saja English. Setelah itu klik Next.

2. Lalu klik “Install now” untuk melanjutkan proses penginstallan.

3. Lalu hapus tanda centang dengan cara mengklik pada pilihan “Automatically activate windows when I’m online” lalu klik next.

4. Lalu akan muncul banyak pilihan versi dalam windows server 2008 ini, pilih salah satu dengan cara mengkliknya, lalu beri tanda centang pada pilihan “I have selected the edition of windows that I purchased” dan setelah itu klik next.

5. Setelah itu beri tanda centang pada pilihan “I accept the license terms” lalu klik next.

6. Lalu akan muncul pilihan upgrade dan custom, jika memilih upgrade artinya anda akan memperbaharui versi windows server yang telah diinstall, kalau memilih custom artinya akan menginstall dari awal.

7. Lalu akan terlihat free space partisi pada windows server anda. Klik “drive option (advanced)” lalu bagi partisi sesuka anda.

8. Setelah anda selesai membagi partisi, akan terlihat seperti berikut.

9. Setelah itu, pilih salah satu partisi yang akan diinstallkan system, diklik lalu klik next.

10. Lalu akan muncul proses berjalan otomatis installasi windows server, tunggu saja sampai selesai.

11. Lalu setelah proses expanding tadi selesai akan merestart secara otomatis, tunggu saja sampai ke langkah berikutnya.

12. Setelah merestart, akan kembali berjalan proses berjalan otomatis yaitu completing installation, tunggu sampai muncul langkah selanjutnya.

13. Lalu akan muncul kotak dimana kita diminta untuk memasukan password windows server kita, yang tujuannya adalah untuk memproteksi atau menjaga keamanan dari windows server kita.

14. Setelah anda menekan enter atau panah kanan tersebut, akan terlihat tulisan “Your password has been changed” lalu klik ok.

15. Lalu akan muncul kembali proses preparing your desktop, tunggu sampai muncul selanjutnya.

16. Setelah itu kita akan melihat desktop windows server 2008, yang artinya kita sudah berhasil menginstall windows server 2008.

No comments :

Post a Comment